Accurate Bandung
Bisnis

Tips Membangun Komunikasi Internal Efektif antar Karyawan

Cara membangun komunikasi internal perusahaan

Komunikasi efektif dalam organisasi aspek penting yang tidak boleh terlewatkan. Sering sekali, bisnis atau perusahaan hanya memfokuskan diri pada komunikasi eksternal. Padahal sebagai pelaku bisnis, sangat perlu untuk bisa membangun komunikasi internal secara efektif kepada para karyawan di perusahaan.

Membangun komunikasi internal yang efektif kepada para karyawan, akan mendorong keterlibatan dan kedekatan antara jajaran manajemen dengan karyawan. Komunikasi internal harus menjadi prioritas utama Anda dalam perusahaan, selain membangun komunikasi eksternal kepada para pelanggan.

Baca Juga: Langkah-Langkah Melakukan Rapat Secara Efektif

Lalu, bagaimana praktik efektif untuk meningkatkan komunikasi internal yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan keterlibatan karyawan? Sesuai dengan budaya dan komunikasi terbuka. Begini caranya:

Cara Meningkatkan Komunikasi Internal Efektif dalam Perusahaan

Gunakan Platform yang Sering Digunakan

Masih banyak perusahaan yang melakukan komunikasi internal kepada seluruh karyawan dengan menggunakan email. Email dianggap salah satu strategi komunikasi paling efektif dan efisien. Sekali buat topik bisa di blast ke seluruh karyawan berbagai divisi. Padahal, email sebagai komunikasi internal tidak begitu efektif.

Mengapa email tidak efektif? Tidak semua karyawan Anda akan membuka email setiap hari. Mungkin saja saat ada informasi penting, mereka tidak sempat membaca. Bisa jadi bukan karena mereka tidak membuka email, tetap email yang di kirim secara blasting bisa saja masuk ke dalam kotak spam atau promosi sehingga karyawan tidak sempat membuka email tersebut.

Saat ini ada cukup banyak platform yang bisa membuat karyawan dapat berdiskusi secara langsung. Sehingga daya Tarik dan pesan yang disampaikan akan lebih mudah tersampaikan dan membuat karyawan bisa dengan cepat melakukan feedback.

Mengembangkan Strategi Komunikasi

Komunikasi internal meskipun terlihat sangat mudah, tetapi harus tetap dijalankan dengan strategi. Seorang pebisnis harus mampu Bersama tim untuk bisa Menyusun strategi komunikasi dengan cermat. Ketika Anda ingin meningkatkan strategi komunikasi internal dengan baik Anda harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  • Platform komunikasi yang akan digunakan
  • Konten yang akan disampaikan
  • Frekuensi publikasi
  • Tingkat partisipasi yang diinginkan

Mengutip dari Jostle.me ada beberapa strategi komunikasi internal yang efektif dengan dilakukan beberapa hal berikut ini:

  • Seberapa efektif para leader dalam memimpin tim mereka untuk terlibat dalam setiap komunikasi.
  • Perhatikan tujuan pesan yang ingin disampaikan
  • Bagaimana menginformasikan kepada tim tekait dengan cara terbuka dan transparan
  • Bagaimana cara agar dapat mengembangkan budaya perusahaan dengan lebih baik
  • Perhatikan skala strategi komunikasi dengan pertumbuhan organisasi Anda

Dengan adanya strategi komunikasi internal yang luar biasa akan membantu Anda dalam mengemas sebuah pesan yang ingin disampaikan untuk karyawan maupun pelanggan. Dengan saling terhubungnya tim komunikasi eksternal dan internal, perusahaan akan lebih mudah menjangkau banyak hal.

Rayakan Kesuksesan Karyawan

Mungkin satu hal yang tidak pernah terpikirkan oleh Anda, bahkan sering diabaikan adalah melakukan perayaan pada karyawan yang memiliki prestasi yang baik. Meskipun perayaan ini tidak harus dilakukan seperti pesta. Setidaknya Anda mengirimkan pesan melalui platform komunikasi yang telah ditentukan Bersama untuk menghargai karyawan tersebut.

Stategi ini akan membantu memberikan peluang yang sangat baik kepada karyawan lain mengenai apa yang bisa mereka lakukan dan penghargaan seperti apa yang akan mereka dapatkan ketika berhasil. Tujuan apa yang telah dilakukan, hingga anggota tim mana yang memiliki tingkat kolaborasi dengan sangat baik.

Komunikasi internal bukan sekedar tugas divisi Public Relation saja, tetapi bisa menjadi tugas Bersama. Dalam jangka Panjang, jika dilakukan secara efektif akan membantu membangun budaya perusahaan yang baik dalam jangka Panjang.

Siapkan Sarana Debat dan Diskusi

Aspek kunci dari sebuah komunikasi internal adalah keterbukaan. Bagaimanapun, setiap perusahaan harus melakukan komunikasi terbuka di kantor. Terutama jika bertujuan untuk menyelaraskan dan menghubungkan tim.

Baca Juga: Penyebab Gagal Mengelola Uang

Untuk mempromosikan komunikasi terbuka, Anda harus menyiapkan ruang untuk menciptakan ruang feedback, penolakan, dan debat publik. Dengan begitu, para karyawan bisa saling terbuka satu sama lain. Sehingga bisa menghindari berbagai kesalahpahaman, miss konsepsi, hingga kesalahan di masa depan mengenai budaya perusahaan bagi para karyawan.

Kesimpulan

Memanfaatkan komunikasi internal untuk menciptakan komunikasi yang baik antar karyawan akan membentuk karyawan untuk lebih cinta kepada perusahaan tempat mereka bekerja. Lakukan beberapa strategi diatas, jika ada strategi lain bisa Anda gabungkan kembali. Terapkan agar karyawan mampu saling terhubung dan hidup selaras demi mencapai tujuan perusahaan di masa depan.

Related posts

5 Tips Memulai Perusahaan Sukses Di Bidang Apapun

Mimin Accurate

Peran Akuntansi Dalam UMKM

ervan

5 Tips Membangun Tim Kuat Dalam Bisnis

Mimin Accurate

Leave a Comment