Accurate Bandung
Home » Pentingnya Nota dalam Bisnis dan Manfaatnya
akuntansi

Pentingnya Nota dalam Bisnis dan Manfaatnya

Pentingnya Nota dalam bisnis

Kegiatan jual beli memang aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh masyarakat. Hampir semua masyarakat melakukan jual beli. Tetapi banyak masyarakat yang melakukan jual beli tanpa nota transaksi jika dilakukan pada pembelian kecil. Nota transaksi dalam bisnis sangat penting. Betapa pentingnya? Akan kita ulas bersama.

Dalam kegiatan antara penjual dan individu, transaksi jual beli mungkin bisa dilakukan dengan tahapan umum. Seperti pembeli membayar kepada penjual, dan pembeli mendapatkan barang. Namun dalam transaksi antar B2B (business to business) atau dari bisnis besar ke konsumen perlu adanya nota.

Nota akan menjadi bukti bahwa sudah terjadi transaksi. Pembeli selain mendapatkan barang atau layanan yang diinginkan, mereka akan mendapatkan bukti atas pembelian barang tersebut. Bukti ini bisa berupa sebuah kertas yang sering disebut dengan “Nota”.

Apa itu Nota?

Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai apa itu nota. Nota adalah sebuah bukti transaksi yang dianggap sebagai alat pembayaran yang sah. Bukti pembayaran nota biasanya menjadi beberapa rangkap. Rangkap pertama diberikan kepada pembeli, rangkap kedua sebagai catatan pihak penjual.

Ketika ada masalah pada barang atau layanan yang di beli, maka nota bisa menjadi bukti untuk mengklaim barang atau layanan tersebut.

Dalam nota biasanya terdapat beberapa hal :

  • Nama Perusahaan/usaha (penjual)
  • Nomor
  • Tanggal terjadinya transaksi
  • Jumlah barang
  • Jenis barang
  • Harga satuan
  • Jumlah harga
  • Total harga
  • Nama penerima
  • Tanda tangan penjual pembeli

Fungsi Nota

Nota dalam bisnis memiliki fungsi bagi para penjualnya. Fungsi nota secara umum sebagai :

  • Mengetahui jumlah produk terjual
  • Total pembayaran
  • Bukti transaksi sah dalam jual beli
  • Sumber data pencatatan pada perusahaan

Jenis Nota

Mungkin nota dalam bisnis sering dianggap hanya memiliki satu jenis saja. Padahal nota memiliki beberapa jenis yang perlu diketahui oleh para pebisnis. Ada beberapa jenis nota dan memiliki fungsinya masing-masing bagi bisnis. Jangan salah lagi dengan nota.

Nota Kontan

Nota Kontan adalah nota yang dibuat ketika terjadi transaksi secara tunai. Jenis nota ini sangat mudah ditemukan dalam setiap transaksi. Hampir semua UMKM pasti memiliki nota jenis ini. Baik itu yang di cetak sendiri, maupun nota yang dijual secara umum.

Saat pembeli menyelesaikan transaksinya, nota kontan harus diberikan penjual kepada pembeli. Nota jenis ini biasanya memiliki dua rangkap. Satu untuk pembeli satu lagi digunakan sebagai arsip penjual.

Nota Kredit

Jenis nota dalam bisnis berikutnya adalah nota kredit. Nota kredit adalah nota yang dibuat ketika ada barang yang kualitasnya tidak seperti dalam perjanjian atau barang yang diretur pembeli kepada penjual.

Apabila konsumen menemukan barang kurang sesuai, maka akan diberikan pengurangan harga. Ketika barang itu dikembalikan, akan mengurangi nilai piutang usaha.

Bentuk dari nota kredit hampir sama dengan nota kontan.

Nota Debit

Keberadaan Nota debit menjadi bukti penjual telah mendebit perkiraan pelanggan yang disebabkan berbagai hal terhadap barang tersebut. Nota debit di kirim oleh penjual kepada pelanggan karena ada barang yang dikembalikan karena kerusakaan atau tidak sesuai dengan perjanjian.

Manfaat Nota dalam Bisnis

Nota bukan sekedar sebagai bukti transaksi atau pembayaran dari penjual ke pembeli. Lebih dari itu, keberadaan nota penjualan akan menjadi dokumen yang berguna dalam proses akuntansi perusahaan. Selain itu nota penjualan berguna untuk :

  • Mengetahui jumlah barang yang di pesan, di kirimkan kepada konsumen.
  • Nota penjualan menjadi informasi mengenai produk apa saja dan berapa nominal yang harus di bayar konsumen
  • Nota penjualan menjadi alat bukti transaksi yang diperlukan saat menyusun laporan keuangan

Penutup

Sekarang Anda sudah mengetahui jenis-jenis nota yang sering digunakan dalam transaksi bisnis. Jangan sampai salah lagi. Jenis dan manfaatnya pun cukup penting untuk bisnis. Meskipun masih banyak nota manual, sekarang Anda bisa menggunakan nota bisnis secara digital menggunakan Accurate POS. Dapatkan Accurate POS hanya di Accurate Bandung.

Related posts

Memulai Akuntansi untuk Bisnis Kecil

Mimin Accurate

Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Kecil

Mimin Accurate

Membuat Financial Planning Perusahaan

Mimin Accurate

Leave a Comment