Accurate Bandung
akuntansi

Pengertian Rasio Keuangan dan Jenis-Jenisnya

Pengertian rasio keuangan

Rasio keuangan adalah alat analisis keuangan yang melihat kinerja perusahaan atau bisnis secara keseluruhan. Bahkan setiap keputusan bisnis yang diambil oleh para pebisnis haruslah sesuai dengan rasio keuangan pada saat itu. Keberadaan rasio keuangan memang cukup penting. Banyak perusahaan yang melakukan perombakan manajemen berdasarkan rasio keuangan. Kali ini kita akan membahas pengertian rasio keuangan.

Lalu, apa sebenarnya rasio keuangan? Mengapa hal ini cukup penting bagi bisnis? Kita akan ulas pengertian rasio keuangan dan jenis-jenis rasio keuangan yang umum dilakukan para pebisnis di Indonesia.

Definisi Rasio Keuangan

Rasio keuangan adalah salah satu metode yang digunakan dalam melakukan analisa keuangan yang menjadi penilaian terhadap perkembangan perusahaan. Data yang dihasilkan untuk analisa keuangan berdasarkan pada laporan keuangan yang dimiliki oleh perusahaan.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, rasio keuangan menjadi alat penting yang digunakan oleh perusahaan  atau bisnis dalam memutuskan sebuah kebijakan. Sehingga perusahaan bisa melakukan keputusan berdasarkan data keuangan yang ada.

Manfaat Rasio Keuangan

Ada banyak manfaat yang bisa digunakan perusahaan dengan rasio keuangan. Berikut beberapa manfaat rasio keuangan:

Perbandingan

Manfaat pertama rasio keuangan sebagai alat untuk perbandingan. Baik itu perbandingan di periode sekarang maupun periode sebelumnya. Sehingga hasil dari laporan keuangan tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan mengenai strategi yang akan Anda ambil.

Komprehensif

Rasio keuangan tidak hanya mencakup satu aspek saja. Melainkan berbagai aspek kinerja bagi perusahaan. Ketika Anda menyajikan laporan keuangan, usahakan untuk melihatnya secara komprehensif.

Mudah Terhitung

Adanya rasio keuangan akan memudahkan Anda dalam menghitung keuangan yang Anda miliki. Dengan adanya laporan keuangan akan lebih mudah dalam membantu Anda menghitung keberadaan rasio keuangan usaha Anda.

Kekuatan

Selain pengertian rasio keuangan, manfaat rasio keuangan salah satunya adalah melihat kekuatan finansial perusahaan. Apakah perusahaan memiliki kekuatan atau tidak dalam menghadapi segala sesuatu di depan nanti. Dari rasio ini semua akan terlihat.

Jenis-Jenis Rasio Keuangan

Rasio keuangan bisnis
Source: Edupristine.com

Setelah memahami pengertian rasio keuangan, dan manfaatnya pada bisnis, kita juga harus membahas jenis-jenis rasio keuangan itu sendiri. Rasio keuangan bukan satu jenis, tetapi memiliki beberapa jenis. Kita akan mengulasnya.

Jenis-jenis rasio keuangan berikut ini, berdasarkan yang ditulis dalam buku Keuangan dan Akuntansi, Budi Raharjo. Penulis buku tersebut membagi rasio keuangan menjadi lima bagian. Berikut jenis-jenisnya:

Rasio Likuiditas

Pengertian rasio likuiditas adalah rasio yang mengukur kemampuan likuiditas jangka pendek suatu bisnis. Caranya dengan melihat aktiva lancar dalam bisnis realtif terhadap hutang lancar. Semakin banyak hutang perusahaan, tentu menunjukan bahwa perusahaan dalam kondisi tidak sehat.

Rasio Profitabilitas

Seperti Namanya, rasio profitabilitas disebut juga rasio laba. Rasio ini menunjukan tingkat imbalan dan keuntungan dibanding penjualan aktiva. Selain itu, rasio profitabilitas juga akan mengukur berapa besar kapasitas perusahaan dalam menghasilkan laba dengan mengandalkan aktivitas bisnis.

Jenis rasio ini akan menjadi patokan dalam menghitung margin keuntungan, baik itu:

  • Profit margin
  • Gross profit margin
  • Net profit margin
  • Return of Investment
  • Return on Assets

Rasio Aktivitas

Rasio aktivitas bertujuan dalam melihat seberapa efektif perusahaan dalam mengelola sumber daya yang mereka miliki. Penghitungan rasio dilakukan berdasarkan tingkat pendapatan dengan investasi.

Aktivitas yang rendah pada tingkat penjualan tertentu akan menyebabkan besarnya dana yang tertanam dalam aktivitas bisnis. Sehingga akan terlihat apakah aktivitas bisnis sudah efektif dan efisien. Jika sudah, berarti bisnis sudah berjalan dengan optimal.

Rasio Solvabilitas

Keberadaan rasio solvabilitas sebagai cara melihat efektivitas penggunaan dana atau kekayaan dari bisnis. Rasio yang dihitung berdasarkan pada :

  • Hutang terhadap aktiva
  • Hutang terhadap ekuitas

Rasio Investasi

Rasio investasi adalah rasio yang mengukur kemampuan perusahaan dalam memberikan kembalian atau imbalan kepada para investor dalam jangka waktu yang telah disepakati, umumnya dalam jangka waktu satu periode akuntansi.

Analisis rasio sangat penting bagi setiap bisnis untuk memantau pergerakan keuangan. Pengertian rasio keuangan, manfaat, dan jenis-jenisnya semoga bisa membantu Anda dalam memahami rasio keuangan itu sendiri.

Menghitung Rasio Keuangan dengan Accurate Online

Agar aktivitas hitung-menghitung rasio keuangan bisnis bisa dilakukan dengan lebih mudah, sebaiknya Anda menggunakan software bisnis Accurate Online agar lebih mudah untuk dilakukan dan Anda bisa menghitung dengan lebih efektif dan efisien. Dapatkan Accurate Online di AccurateBandung.id.

Leave a Comment