Accurate Bandung
Home » Kesalahan yang Menyebabkan Neraca Tidak Seimbang
akuntansi

Kesalahan yang Menyebabkan Neraca Tidak Seimbang

Neraca Tidak Seimbang

Laporan keuangan memiliki beberapa jenis yang perlu dibuat setiap akhir periode. Salah satu laporan keuangan pada bisnis adalah laporan neraca. Tetapi sering sekali banyak pengusaha atau akuntan melakukan kesalahan dalam membuat neraca, sehingga membuat neraca tidak seimbang.

Kita semua sepakat, hasil neraca harus lah seimbang. Dimana antara saldo debit dan kredit harus seimbang. Apabila debit dan kredit tidak seimbang, tentu ini akan menunjukan bahwa neraca Anda dalam kondisi yang tidak seimbang.

Laporan keuangan neraca merupakan laporan yan menunjukan penggunaan dana dan aset, modal, hingga jumlah kewajiban yang masih terhutang. Tentu membuat neraca menjadi salah satu laporan keuangan penting yang perlu dibuat oleh setiap pengusaha.

Baca Juga: Kenapa Bisnis Perlu Menggunakan Software Akuntansi Online?

Manfaat Neraca

Meskipun isi laporan neraca hanya menggambarkan mengenai aset, modal, dan hutang, tetapi kehadirannya akan membantu Anda dalam mendapatkan manfaat penting untuk bisnis, seperti:

  1. Alat penting dalam pengambilan keputusan
  2. Menunjukan seluruh transaksi yang dikeluarkan oleh bisnis secara ringkas
  3. Laporan kepada pihak eksternal

Kesalahan yang Sering Membuat Neraca Tidak Seimbang

Ada beberapa kesalahan yang membuat neraca tidak seimbang, antara aktiva dan pasiva. Apabila antara keduanya tidak imbang, sudah pasti neraca Anda memiliki kesalahan yang perlu di koreksi oleh tim keuangan atau tim. Tetapi ada beberapa kesalahan yang sangat sering terjadi membuat neraca tidak seimbang.

Kesalahan dalam Menjurnal

Penjurnalan merupakan tahap akuntansi yang perlu diperhatikan. Ketidakseimbangan neraca, pada umumnya terjadi akibat dari kesalahan dalam proses menjurnal. Kesalahan ini perlu Anda perhatikan, agar neraca saldo Anda bisa tetap seimbang. Jika Anda menemukan kesalahan, Anda perlu segera mengkoreksinya.

Saldo Awal yang sudah Tidak Seimbang

Saldo awal menjadi salah satu hal penting untuk menjadi pemicu kesalahan dalam pembuatan neraca. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa kembali saldo awal ketika dalam pembuatan neraca ditemukan ketidakseimbangan.

Kesalahan tersebut bisa terjadi mulai dari kesalahan menulis saldo perkiraan, kesalahan peletakan antara saldo debit dan kredit, serta kesalahan dalam menjumlahkan saldo. Jika Anda menemukan kesalahan tersebut, coba untuk diperiksa satu persatu kembali.

Saldo Posting Buku Besar

Kesalahan berikut yang mungkin dan sering dilakukan para pelaku bisnis dan akuntan adalah kesalahan dalam posting buku besar. Posting buku besar adalah tahapan yang dilakukan setelah penjurnalan. Sering sekali memang salah dalam memasukan saldo.

Misal, saldo aktiva yang diposting dalam kelompok pasiva. Jika di akhir pembuatan laporan neraca ditemukan kesalahan, ada baiknya Anda segera mengkoreksi di buku besar untuk menyesuaikan kembali pada laporan neraca.

Salah Menjumlahkan

Kenapa laporan neraca tidak seimbang? Mungkin saja disebabkan oleh kesalahan dalam menghitung saldo diawal. Anda perlu melihat atau mengecek kembali jumlah yang tepat pada setiap catatan. Anda perlu mengecek kembali kesalahan tersebut agar saldo kembali seimbang.

Solusi Memperbaiki Neraca yang Tidak Seimbang

Setelah Anda menemukan penyebab kesalahan neraca tidak seimbang, pastikan Anda segera memperbaikinya.

  1. Apabila ada kesalahan tulis satuan, misal Rp 105.000 Anda tulis Rp 15.000, maka Anda perlu menghitung kembali dari segala sisi debit dan kredit.
  2. Jika kesalahan terjadi antara debit dan kredit, Anda perlu mencari selisih kesalahan dan temukan angka yang salah tersebut.
  3. Lalu, coba cek kembali pada neraca saldo dan temukan kesalahan pada neraca saldo. Biasanya kesalahan terjadi hanya karena salah penulisan angka. Misal Rp 181.000 ditulis Rp 118.000.
  4. Cek kembali nama akun yang ada di buku besar, dan cocokan kembali pada neraca saldo.
  5. Pastikan hasil penjumlahan saldo debit dan kredit dan selisihnya pada setiap akun buku besar.

Cara Terbaik untuk Menghindari Kesalahan dalam Membuat Neraca tidak Seimbang

Melakukan aktivitas dan proses akuntansi merupakan aktivitas yang memerlukan tingkat ketelitian yang cukup tinggi. Salah dalam memasukan angka 0 dan 1 saja, hal tersebut bisa berdampak pada langkah-langkah selanjutnya.

Oleh karena itu, sebelum Anda benar-benar membuat laporan neraca, pastikan Anda sudah memeriksanya dengan teliti. Jika memang Anda belum yakin, Anda perlu mencoba untuk meminta rekan tim lain untuk memeriksanya.

Baca Juga: Unsur-Unsur Laporan Keuangan yang Perlu Tersaji

Selain itu, agar penghitungan neraca saldo bisa dilakukan secara akurat, cepat, dan tepat Anda perlu menghitungnya secara otomatis. Salah satunya dengan menggunakan software akuntansi Accurate Online. Anda bisa menghasilkan setiap perhitungan saldo secara realtime.

Dapatkan Accurate Online sekarang, untuk membantu Anda dalam melakukan proses akuntansi dan pembuatan laporan keuangan hingga laporan perpajakan. Beli Accurate Online sekarang hanya di Accuratebandung.com.

Related posts

Mengenal Jenis-Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnis

Mimin Accurate

Cara Mudah Menghitung Laba untuk UMKM

Mimin Accurate

Memulai Akuntansi untuk Bisnis Kecil

Mimin Accurate

Leave a Comment