Accurate Bandung
Home » Mengenal Jenis-Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnis
akuntansi

Mengenal Jenis-Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnis

Jenis Laporan keuangan yang perlu diketahui

Keberadaan laporan keuangan akan memberikan Anda gambaran mengenai wawasan mengenai kesehjahteraan keuangan bisnis. Beberapa jenis laporan keuangan yang perlu Anda perhatikan. Anda akan memahami status keuangan bisnis dengan laporan keuangan, sehingga sangat perlu Anda mencatat secara akurat.

Memiliki laporan keuangan yang solid dan mudah dipahami tentu akan sangat dibutuhkan untuk memastikan Anda selalu mengetahui keadaan keuangan bisnis saat ini. Sehingga sangat penting untuk Anda ketahui dengan baik dan sesuai dengan yang Anda perhatikan.

Apa itu Laporan Keuangan?

Tentu sebagai pemilik bisnis Anda perlu mempelajari lebih mendalam tentang laporan keuangan dan mengetahui apa saja kegunaannya.

Laporan keuangan adalah laporan yang menunjukan kesehatan keuangan suatu bisnis. Beberapa jenis laporan keuangan menunjukan hasil operasional bisnis dari waktu ke waktu. Yang lain perlu mengungkapkan potret kondisi keuangan pada saat tertentu.

Baca Juga: Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Kecil

Laporan keuangan memiliki beberapa jenis. Laporan neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan perubahan modal. Semua laporan dibuat oleh tim manajemen perusahaan sebagai penentu strategi perusahaan ke depan dan memfasilitasi pengambilan keputusan.

Semua laporan harus disusun berdasarkan dengan standar akuntansi yang berlaku. Sehingga bisa disajikan kepada para pemegang saham, pemberi pinjaman, dan juga para direksi maupun stakeholder yang memiliki tujuan. Keberadaan laporan keuangan pun akan memudahkan para pemilik bisnis dalam menghitung pajak yang harus mereka bayarkan.

Jenis Laporan Keuangan

Berbagai jenis laporan keuangan untuk bisnis
Source: Planful.com

Mungkin bagi para pelaku bisnis kecil, laporan keuangan mungkin hanya satu jenis saja. Padahal ada beberapa jenis laporan keuangan yang perlu diketahui oleh para pebisnis.

Laporan Neraca

Laporan pertama yang harus diketahui oleh para pelaku bisnis adalah laporan neraca atau balance sheet yang terdiri dari informasi akun-akun aktiva dan kewajiban perusahaan dalam satu periode. Dalam laporan ini akan terteda siapa pemegang saham perusahaan, siapa kreditur, peraturan pemerintah, dan berbagai kebijakan lainnya.

Selain itu, laporan neraca menggambarkan kondisi keuangan perusahaan. Apakah keuangan perusahaan dalam kondisi sehat atau tidak akan terlihat berdasarkan laporan neraca.

Laporan neraca akan disajikan dalam bentuk stafel (vertikal) atau skontro (horizontal). Bentuk akan disesuaikan dengan kesepakatan awal. Dalam laporan neraca tidak boleh ada salah dalam pemasukan data. Jika ada kesalahan perlu diperbaiki.

Laporan Laba Rugi

Mungkin banyak pengusaha yang telah mengetahui mengenai laporan laba rugi. Laporan ini memang sangat diperlukan untuk mengetahui pendapatan dan pengeluaran bisnis selama periode waktu tertentu. Digunakan untuk melihat area bisnis yang kuat dan lemah. Serta bisa digunakan untuk membandingkan kinerja perusahaan saat ini dengan periode pada tahun-tahun sebelumnya.

Laporan Arus Kas

Jenis laporan keuangan berikutnya adalah laporan arus kas. Laporan ini dapat dikatakan sebagai catatan keuangan yang berisi informasi mengenai pemasukan dan pengeluaran dalam satu periode. Menunjukan uang tunai yang tersedia untuk membayar dividen kepada investor dan jumlah uang tunai yang tersedia.

Laporan arus kas terbagi menjadi dua jenis, yaitu arus kas langsung dan arus kas tidak langsung.

Laporan Perubahan Modal

Jenis laporan keuangan yang terakhir adalah laporan perubahan modal atau ekuitas. Biasanya laporan ini digunakan oleh perusahaan terbuka untuk menggambarkan kondisi peningkatan dan penurunan aktiva bersih (kekayaan) dalam periode tertentu dengan prinsip pengukuran tertentu.

Dapat dikatakan laporan perubahan modal menjadi laporan yang dikatakan sebagai indikator berkembang atau tidaknya perusahaan. Dengan laporan perubahan modal, akan terlihat modal yang dimiliki perusahaan bertambah atau berkurang.

Baca Juga: Pengertian Rasio Keuangan dan Jenis-Jenisnya

Mengapa Laporan Keuangan Penting?

Apakah setiap pengusaha perlu laporan keuangan? Tentunya perlu. Laporan keuangan memiliki manfaat yang besar terhadap perusahaan. Laporan keuangan menjadi masukan wawasan mengenai kondisi perusahaan dan untuk menentukan strategi baru.

Adapun manfaat laporan keuangan meliputi:

  • Mengetahui jumlah pajak yang perlu dibayarkan
  • Alat analisis kondisi perusahaan
  • Memudahkan dalam mendapatkan pinjaman usaha

Membuat Laporan Keuangan dengan Software Akuntansi

Saat ini membuat laporan keuangan tidak lagi sulit. Anda tidak perlu lagi melakukannya secara manual. Tetapi Anda bisa mencoba untuk menggunakan software akuntansi Accurate Online yang akan memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan.

Software akuntansi akan membantu Anda lebih cepat dalam membuat laporan keuangan. Asalkan pencatatan transaksi di awal telah dilakukan dengan benar. Semua fitur akuntansi yang dibutuhkan setelah tersedia di Accurate Online. Untuk itu, segera dapatkan Accurate Online di website Accuratebandung.com.

Related posts

Memulai Akuntansi untuk Bisnis Kecil

Mimin Accurate

Tips Menjaga Cashflow Bisnis Agar Tidak Boncos

Mimin Accurate

10 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Mimin Accurate

Leave a Comment