Accurate Bandung
Home » Menerapkan Kecerdasan Emosional di Kantor
Life Style

Menerapkan Kecerdasan Emosional di Kantor

Menerapkan Kecerdasan Emosional di Kantor

Siapapun sering mendengar istilah kecerdasan emosional atau lebih dikenal dengan emotional quotient (EQ). Emotional quotient (EQ) adalah kemampuan seseorang untuk mengenali, memahami, mengelola, dan bernalar berdasarkan emosi. Kemampuan ini penting diterapkan dalam berbagai kehidupan, termasuk dalam dunia bisnis. Sebagai pengusaha, menerapkan kecerdasan emosional di kantor penting dilakukan oleh setiap pebisnis.

Apa itu Kecerdasan Emosional?

Sedikit banyak kita akan mencoba untuk mencari definisi tepat mengenai kecerdasan emosional. Seperti dikutip dari Verywellmind.com, definisi kecerdasan emosional yang dikemukakan oleh dua psikolog Peter Salovey dan John D Mayer menjelaskan kecerdasan emosional adalah kemampuan mengenali dan memahami emosi dalam diri.

Dalam dunia bisnis, kecerdasan emosional akan terlibat dalam membuat keputusan, memecahkan masalah, dan berkomunikasi dengan orang lain. Menurut kedua psikolog tersebut, kecerdasan emosional memiliki tingkatan yang berbeda:

  • Memahami emosi
  • Bernalar dengan emosi
  • Memahami emosi
  • Mengelola emosi

Baca Juga: 5 Cara Membuat Hidup Seimbang

Kecerdasan Emosional Di Kantor

Kecerdasan emosional secara luas diakui sebagai keterampilan berharga yang mampu meningkatkan komunikasi, manajemen, pemecahan masalah, hingga meningkatkan hubungan antar individu di tempat kerja. Menurut para ahli, keterampilan ini bisa ditingkatkan dengan Latihan.

Sebuah survei menunjukan bahwa EQ sangat penting. Bahkan 75% responden yang terdiri para Manajer HR menyatakan menyukai kecerdasan emosional ketimbang kecerdasan akademis (IQ). Orang yang memiliki EQ tinggi akan memberikan dampak kepada perusahaan, diantaranya:

  • Mampu membuat keputusan yang baik dan memecahkan masalah
  • Tenang saat ada tekanan
  • Menyelesaikan konflik
  • Seorang pemimpin yang cerdas emosional akan memiliki rasa empati yang besar
  • Pemimpin dengan EQ tinggi cenderung mendengarkan, merenungakn, dan menanggapi kritik yang membangun.

Bagaimana Mengasah Kecerdasan Emosional Di Kantor

Sadar Diri

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan keterampilan kecerdasan emosional dengan melatih dalam mengenali diri Anda sendiri. Melibatkan berbagai aspek dengan diri Anda, termasuk tingkah laku dan perasaan yang merupakan komponen dasar dari kecerdasan emosional. Dalam mengenali emosi Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, seperti:

Pehatikan bagaimana perasaan Anda

Bagaimana emosi Anda mempengaruhi cara Anda merespon. Apakah hal tersebut berdampak pada keputusan yang Anda buat dalam bisnis. Bisa juga dengan memperhatikan cara Anda dalam berinteraksi dengan orang lain.

Dengan merenungkan hal-hal tersebut, Anda akan lebih sadar mengenai emosi diri Anda dan peran yang Anda lakukan dalam sehari-hari di tempat kerja.

Mencatat kekuatan dan kelemahan

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan dalam penerapan kecerdasan emosional di tempat kerja, dengan melihat kekuatan dan kelemahan emosi Anda. Anda bisa memperhatikan cara Anda berkomunikasi dengan orang lain. Apakah Anda seorang yang tidak sabar, pemarah, atau mudah tersinggung?

Bagaimana Anda mengatasi emosi tersebut dengan efektif. Mengenali setiap kelemahan memungkinkan Anda mencari cara untuk menghadapinya dengan baik di masa depan sekaligus mempelajari kecerdasan emosional.

Emosi Cepat Berlalu

Mungkin saja staff Anda membuat Anda kesan dan atasan mungkin memberi tugas yang membuat Anda frustasi untuk diselesaikan. Sebelum Anda bereaksi, ada baiknya Anda untuk bersikap lebih tenang dahulu. Ketika Anda mengambil keputusan dengan emosi, hal tersebut bisa merusak tujuan dan rencana jangka Panjang bisnis.

Baca Juga: 5 Dampak Positif Kreativitas yang Jarang Disadari

Lakukan Pengendalian Diri

Ketika Anda ingin menerapkan kecerdasan emosional Anda harus mampu dalam pengendalian diri. Sebab, pengendalian diri menjadi bagian penting dalam kecerdasan emosional. Emosi adalah langkah penting, namun Anda perlu mengelola perasaan Anda.

Orang yang mampu mengendalikan diri yang baik akan mampu beradaptasi dengan situasi yang cepat berubah. Mereka tidak akan membocorkan sesuatu, menunggu cara yang cepat dalam mengekspresikan emosi daripada bereaksi secara impulsif.

Dalam mengendalikan diri di tempat kerja, Anda perlu melakukan :

  • Teknik menghilangkan stress di kantor
  • Tenang
  • Berpikir Panjang sebelum mengambil keputusan

Meningkatkan Keterampilan Sosial

Menerapkan keterampilan kecerdasan Emosional
Source: Conovercompany.com

Seseorang yang memiliki EQ tinggi memiliki keterampilan sosial yang kuat. Mereka mahir dalam mengenali emosi diri sendiri, begitu juga mengenali emosi orang lain. Mampu merespon situasi dengan tepat. Keterampilan sosial akan sangat mudah dihargai di lokasi kerja, sebab mengarah pada komunikasi yang lebih baik dan membangun budaya perusahaan yang positif.

Pemimpin yang menerapkan kecerdasan sosial di kantor akan mampu membangun hubungan baik dengan rekan kerja dan mudah memngkomunikasikan ide-ide secara efektif. Orang dengan keterampilan sosial yang baik, bukan hanya menjadi orang hebat, tetapi juga mengambil peran kepemimpinan yang dibutuhkan. Ada cara untuk meningkatkan keterampilan sosial, dengan cara-cara berikut:

  • Dengarkan apa yang orang lain katakan
  • Memperhatikan komunikasi nonverbal
  • Asah keterampilan persuasif
  • Hindari drama di tempat kerja

Berempati

Orang yang memiliki kecerdasan emosional akan pintar dalam memposisikan dirinya sebagai orang lain dan memahami perasaan orang lain. Empati bukan sekeda memahami perasaan orang lain, tetapi juga bagaimana merespon emosi-emosi ini.

Ketika Anda di kantor, empati akan menjadi dinamika yang berbeda antar karyawan. Bagaimana Anda memberikan kendali dan interaksi dari hubungan antar rekan kerja di kantor. Saat Anda berempati, Anda harus bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Lihat sesuatu dari sudut pandang orang lain
  • Perhatikan bagaimana Anda menanggapi orang lain

Terus Termotivasi

Hal lain dari kecerdasan emosional adalah sesuatu yang dikenal dengan motivasi intrinsik. Seseorang yang memilki EQ kuat cenderung termotivasi dalam mencapai tujuan demi kepentingan mereka sendiri. Seorang dengan kecerdasan emosional tinggi akan melakukan sesuatu karena mereka puas dan bersemangat denga napa yang mereka lakukan.

Baca Juga: 5 Tips Memulai Perusahaan Sukses Di Bidang Apapun

Ketika Anda menerapkan kecerdasan emosional di tempat kerja, pastikan Anda bisa fokus dengan pekerjaan yang Anda sukai. Cobalah untuk mempertahankan sikap positif dalam hidup Anda.

Penutup

Kecerdasan emosional memainkan peran penting tidak hanya dalam kesehjahteraan tetapi juga dalam kesuksesan bisnis yang Anda miliki. Bagaimana Anda menerapkan kecerdasan emosional di kantor? Sudah mengetahui jawabannya.

Related posts

5 Cara Membuat Hidup Seimbang

Mimin Accurate

5 Kunci Membangun Rasa Percaya Diri

Mimin Accurate

Tidak Siap Dengan Perubahan

ervan

Leave a Comment