Accurate Bandung
Home » Memulai Akuntansi untuk Bisnis Kecil
akuntansi

Memulai Akuntansi untuk Bisnis Kecil

Akuntansi untuk bisnis kecil

Memulai bisnis kecil membutuhkan banyak hal. Bukan sekedar menyiapkan operasional bisnis saja, tetapi Anda juga membutuhkan akuntansi dan pembukuan sebagai pendukung bisnis. Akuntansi untuk bisnis kecil akan sangat penting untuk jalannya bisnis. Kedua hal tersebut sama pentingnya dengan strategi bisnis. Jadi, setiap pebisnis sangat perlu menyiapkan akuntansi dan pembukuan, selain menyiapkan produk.

Meskipun akuntansi penting, masih banyak para pelaku bisnis kecil yang mengabaikannya. Alasannya sederhana, bisnis kecil adalah bisnis kecil, bukan bisnis besar. Para pelaku bisnis kecil beranggapan bahwa bisnis kecil belum memerlukan akuntansi secara kompleks. Pemikiran ini adalah pemikiran keliru.

Baca Juga: Kesalahan Arus Kas yang Sering Dilakukan Pebisnis

Mengapa Akuntansi Penting untuk Bisnis Kecil?

Bertanya mengenai pentingnya akuntansi bagi bisnis kecil, ternyata sangat krusial. Ada beberapa alasan mengapa sangat perlu bisnis kecil menggunakan akuntansi. Akuntansi dapat membantu bisnis kecil dalam menentukan:

  • Berapa banyak hutang kepada vendor
  • Berapa banyak uang yang dimiliki
  • Perhitungan biaya perawatan dan operasional
  • Sisa uang tunai
  • Total penjualan dalam jangka tertentu

Selain itu, akuntansi bagi bisnis kecil sangat penting untuk mengatur operasi bisnis. Ketika bisnis Anda berkembang, tentu Anda akan mempekerjakan lebih banyak orang. Akuntansi akan mencatat biaya yang dikeluarkan untuk membayar seluruh karyawan Anda serta mencatat cashflow bisnis Anda.

Akuntansi juga memungkinkan para pebisnis dalam mengelola keuangan perusahaan Anda. Seiring waktu, perusahaan memerlukan data mengenai keuntungan atau kerugian yang terjadi. Dengan mengetahui kerugian dan keuntungan Anda akan mampu mengambil keputusan untuk mengubah strategi bisnis.

Kehadiran akuntansi untuk bisnis kecil bisa menjadi pintu masuk dalam mendapatkan investor yang ingin berinvestasi di bisnis Anda, ketika Anda ingin menambah modal. Selain itu, kehadiran akuntansi sangat penting bagi para pemangku kepentingan.

Akuntansi akan membantu Anda dalam mengukur jumlah pendapatan yang diperoleh perusahaan Anda sehingga bisa menjadi alat evaluasi bagi para pemilik bisnis.

Cara Mengelola Akuntansi untuk Bisnis Kecil

Meskipun sering disamakan antara akuntansi dan pembukuan, keduanya adalah hal yang dapat digunakan dalam mencegah masalah bisnis Anda. Keduanya sangat perlu Anda gunakan dalam menjalankan bisnis kecil.

Menggunakan Metode Akuntansi

Metode akuntansi pada bisnis kecil
Source: Rhemafinancialservices.com

Akuntansi sendiri adalah cara yang luas dalam melihat Kesehatan keuangan bisnis dan pelacakan keuangan bagi perusahaan. Metode akuntansi pada bisnis kecil bisa diterapkan dengan dua metode, yakni akuntansi akrual dan akuntansi kas.

Akuntansi Akrual

Metode akuntansi akrual adalah metode yang digunakan perusahaan dengan mengakui pendapatan yang diperoleh dan mencatat pengeluaran saat itu terjadi, meskipun belum ada uang tunai berpindah. Sebagian besar perusahaan menggunakan metode akrula untuk membuat laporan keuangan bisnis.

Model ini akan memberikan informasi keuangan yang berguna dan dapat diandalkan. Metode ini dianggap dapat memberikan gambaran yang lebih adil dari kinerja perusahaan. Tetapi yang harus Anda ingat, dalam akuntansi akrual, laba tidak sama dengan jumlah uang yang dihasilkan perusahaan. Hal ini disebabkan perusahaan akan mengakui pendapatan dan pengeluaran meskipun uang belum diterima.

Akuntansi Kas

Seperti Namanya, akuntansi kas adalah metode akuntansi berbasis tunai. Metode ini melakukan pencatatan keuangan dilakukan secara real time saat pendapatan dan pengeluaran terjadi. Pendeknya, akuntansi kas didasarkan pada uang tunai yang dibayarkan. Baik oleh perusahaan maupun oleh pelanggan.

Metode akuntansi kas akan mengabaikan piutang dan utang apapun, yaitu tagihan atau pembayaran yang belum dilunasi. Metode akuntansi ini akan lebih populer dan cocok untuk bisnis kecil. Sebab sangat mudah digunakan dan dikelola.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnis

Membuat Rekening Bank Khusus Bisnis

Sering sekali terjadi, para pebisnis menyatukan rekening bisnis dan pribadi. Alasannya sederhana, belum sempat ke bank untuk mengurus rekening bisnis. Saran, Accurate Bandung, sebisa mungkin hal ini dihindari. Jadi, segeralah membuat rekening untuk bisnis ketika bisnis Anda akan beroperasi.

Biasanya dalam mengurus rekening bank untuk bisnis, pihak bank akan meminta dokumen legalitas perusahaan untuk pembuatannya. Mulai dari akta perusahaan, NPWP perusahaan, dan surat kepemilikan perusahaan.

Siapkan seluruhnya untuk memudahkan dalam pembuatan rekening bisnis. Ketika rekening sudah tersedia, pastikan seluruh transaksi bisnis hanya dilakukan dalam rekening tersebut. Hindari penggunaan rekening pribadi dalam urusan perbankan.

Perpajakan

Akuntansi untuk bisnis kecil juga melingkupi mengenai perpajakan perusahaan. Pastikan sebagai pemilik bisnis Anda mengikuti sistem perpajakan yang berlaku. Jangan sampai Anda mengabaikan pajak yang mungkin saja akan merugikan bisnis Anda di masa depan.

Anda juga harus mengetahui, jenis pajak yang akan Anda bayarkan. Biasanya disesuaikan dengan jenis bisnis yang Anda miliki. Anda bisa berkunjung ke kantor Pajak secara langsung, untuk meminta informasi lebih lengkap mengenai prosedur perpajakan yang wajib Anda lalui.

Memilih Penggunaan Software Pembukuan

Meskipun bisnis Anda masih kecil, bukan berarti Anda harus mengabaikan sistem pembukuan. Semua tergantung pada kebutuhan pada bisnis Anda. Anda bisa menggunakan software pembukuan untuk memudahkan dalam melakukan aktivitas akuntansi pada bisnis.

Kehadiran software akuntansi akan lebih memudahkan Anda dalam melacak setiap transaksi setiap waktu. Terutama ketika Anda menggunakan jenis software pembukuan online berbasis cloud yang bisa Anda pilih. Software pembukuan akan memudahkan Anda dalam memilih opsi detail pembukuan, seperti:

  • Aktiva
  • Kewajiban
  • Ekuitas
  • Pendapatan
  • Pengeluaran
  • Laba
  • Rugi

Selain itu, Anda juga bisa memilih software pembukuan yang sudah terintegrasi dengan sistem pajak. Salah satu software pembukuan yang layak Anda miliki adalah Accurate Online. Accurate Online adalah software pembukuan berbasis cloud yang sangat mudah digunakan oleh pelaku bisnis kecil segala usaha.

Dengan Accurate Online, Anda akan lebih mudah dalam melakukan tahapan-tahapan akuntansi. Jika tahap awal sudah dilakukan dengan baik, tentu akan sangat mudah untuk melanjutkan ke tahap-tahap selanjutnya. Anda bisa mendapatkan Salinan laporan keuangan secara real time.

Dapatkan Accurate Online sekarang juga hanya dengan Rp 2,4 juta dengan fitur lengkap untuk bisnis kecil Anda.

Related posts

Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Kecil

Mimin Accurate

Pentingnya Nota dalam Bisnis dan Manfaatnya

Mimin Accurate

Tips Menjaga Cashflow Bisnis Agar Tidak Boncos

Mimin Accurate

Leave a Comment