Accurate Bandung
Home » Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Kecil
akuntansi

Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Kecil

Cara Memilih software akuntansi dengan tepat

Prioritas utama dalam menjalankan bisnis adalah mengawasi keuangan bisnis dengan baik. Untuk itu sangat penting Anda bisa memiliki software akuntansi yang sesuai untuk bisnis. Pastikan Memilih software akuntansi untuk bisnis kecil yang bisa dengan mudah membantu menyelesaikan aktivitas akuntansi bisnis Anda.

Software akuntansi yang Anda pilih, harus mampu memberi wawasan mengenai kesehatan keuangan bisnis, memungkinkan Anda membuat laporan yang membantu menganalisis kinerja bisnis dari berbagai sudut Memilih perangkat lunak yang akan membantu aktivitas akuntansi terbaik untuk Anda akan sangat menantang.

Baca Juga: 10 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Setiap software dengan berbagai merek memiliki serangkaian fitur dan fasilitas berbeda. Semua belum tentu sesuai dengan bisnis Anda. Pastikan Anda bisa memilih yang sesuai dengan bisnis. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui saat akan membeli software akuntansi:

Perhatikan Hal ini Saat Ingin Membeli Software Akuntansi

Biaya

Sebelum memilih software akuntansi untuk bisnis, pastikan biayanya
Source: Industrytoday.com

Anda harus menyesuaikan dengan bisnis Anda. Pastikan harga software sesuai dengan kebutuhan. Software yang murah biasanya hanya memiliki sedikit fitur. Perangkat lunak yang mahal akan memiliki fitur tambahan yang bisa di akses.

Umumnya, software akuntansi untuk bisnis dagang dengan bisnis manufaktur akan berbeda. Jadi semua sesuaikan dengan kebutuhan dan bidang bisnis yang Anda jalankan. Seluruh software akuntansi telah disesuaikan untuk kebutuhan bermacam-macam bisnis.

Fungsi

Anda harus mengetahui berapa pengguna yang akan diberikan akses. Memilih software akuntansi berbasis cloud yang bisa Anda akses dimana saja. Atau menggunakan perangkat lunak desktop. Apakah software yang bisa di akses dengan smartphone.

Fitur

Saat Anda memilih software akuntansi, Anda perlu mengetahui dengan biaya yang Anda bayarkan, fitur apa saja yang bisa Anda gunakan. Pastikan semua harus Anda ketahui. Terutama fitur-fitur pokok harus bisa di akses.

Manfaat Software Akuntansi untuk Bisnis

Tentu banyak pebisnis yang merasa belum merasa butuh software akuntansi. Dibandingkan menggunakan software akuntansi, lebih baik memilih untuk menggunakan seorang staff akuntan untuk mengerjakan semua proses keuangan.

Saat Anda berpikir menggunakan staff akuntan dalam mengurus keuangan bisnis, pastinya anggaran yang Anda keluarkan akan lebih besar dibandingkan menggunakan software akuntansi. Terlebih saat bisnis Anda masih kecil. Mengelola keuangan dengan software akuntansi menjadi pilihan tepat, dibandingkan dengan menggunakan staff akuntansi.

Baca Juga: Pengertian Rasio Keuangan dan Jenis-Jenisnya

Coba Anda hitung-hitung kembali, biaya yang akan Anda keluarkan. Apakah lebih besar menggunakan jasa akuntansi atau menggunakan software.

Misal, Anda menggunakan seorang staff akuntan yang akan mengurus keuangan bisnis, Anda harus memberikan gaji kepada mereka. Setidaknya, pengeluaran yang harus Anda keluarkan sebesar UMR daerah lokasi bisnis. Dan biaya gaji wajib Anda berikan setiap bulan.

Sedangkan ketika Anda memilih software akuntansi, Anda cukup membayar secara tahunan untuk software akuntansi berbasis cloud. Dan sekali bayar untuk software akuntansi berbasis desktop.

Seperti Accurate Online, software bisnis berbasis cloud ini hanya Rp 1,8 juta untuk langganan satu tahun. Sedangkan Accurate Desktop versi 5 standard edition yang cocok untuk bisnis kecil hanya dengan Rp 9.680.000 untuk satu kali bayar.

Tidak hanya itu, ada beberapa keuntungan lainnya ketika Anda menggunakan software akuntansi:

Hemat Biaya

Menggunakan software akuntansi akan membantu Anda menghemat biaya. Software akuntansi seperti Accurate Online yang telah add-on dengan beberapa fitur yang terintegrasi akan lebih mudah dalam melakukan aktivitas transaksi. Bahkan sekarang Accurate Online sudah bisa membantu Anda untuk melakukan semua fungsi akuntansi.

Hemat Waktu

Selain hemat biaya, software akuntansi akan menghemat waktu dalam pengerjaan laporan akuntansi. Karena Anda bisa menyelesaikan setiap laporan sendiri, tanpa menunggu orang lain menyelesaikannya.

Menghindari Kesalahan

Kehadiran software akuntansi akan membantu Anda dalam mengurangi terjadinya kesalahan manusia. Apa lagi dengan penghitungan secara manual akan lebih sering terjadi kesalahan dibandingkan menghitung menggunakan software akuntansi.

Apa lagi dalam perhitungan perbankan. Saat Anda menggunakan Accurate Online, Anda sudah bisa integrasikan dengan akun internet banking bank Anda. Saat ini Accurate Online sudah terintegrasi dengan Bank DBS, Bank Mandiri, Bank BCA, dan Bank BRI.

All in One

Kehadiran software akuntansi akan lebih mudah mengurus aktivitas keuangan. Mulai dari penggajian, inventory, pembuatan invoice, hingga penghitungan pajak bisa Anda lakukan dalam satu software akuntansi. Seperti halnya Accurate Online yang sudah terintegrasi dengan sistem perpajakan Pajak.go.id.

Fitur yang Harus Anda Dapatkan

Saat Anda ingin menggunakan software akuntansi, Anda harus mengetahui fitur apa saja yang akan Anda peroleh dengan membayar biaya sebesar itu.

Akses Pengguna

Saat Anda membeli software akuntansi, pastikan berapa banyak pengguna yang diberikan akses. Jika perlu tambahan pengguna, berapa biaya yang perlu dikeluarkan. Umumnya, dengan harga standar Anda akan mendapatkan dua akses pengguna.

Jika Anda memberikan akses kepada karyawan, tentunya karyawan tidak diberikan akses penuh. Sehingga jika ada transaksi yang dilakukan bisa melalui akun Anda terlebih dahulu sebagai persetujuan akses. Fitur ini adalah sebuah fitur yang harus tersedia dalam software akuntansi.

Multi Gudang

Ada banyak software akuntansi dengan harga murah, hanya bisa menyimpan data satu Gudang saja. Jika membutuhkan data Gudang lainnya. Anda perlu membayar biaya tambahan. Pastikan Anda mengetahui fitur ini, terutama saat Anda memiliki beberapa Gudang.

Software Berbasis Cloud dan Akses Seluler

Sebagian besar software akuntansi berbasis cloud akan memberikan akses akun kapan saja. Dimana saja dari komputer manapun dengan akses internet. Membantu menjalankan bisnis jarak jauh dari rumah maupun saat liburan di luar kota atau luar negeri.

Sebagian juga memberikan fasilitas software akuntansi yang terhubung dengan aplikasi di smartphone. Aplikasi ini akan memudahkan dalam memantau informasi penting dan ingin menyelesaikan tugas saat Anda akan bepergian.

Baca Juga: 8 Konsep Dasar Akuntansi yang Perlu Dipahami

Fitur antara aplikasi dan software yang di akses melalui komputer atau laptop bervariatif. Sehingga Anda perlu memastikan, jika mendapatkan software akuntansi yang bisa diakses melalui smartphone, fiturnya sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki.

Sekarang, pilihan ada di tangan Anda. Apakah Anda perlu menggunakan software akuntansi untuk bisnis kecil atau menggunakan seorang akuntan. Bisa juga Anda menggunakan keduanya, tetapi pastikan kondisi keuangan bisnis sudah bisa diandalkan. Keputusan terbaik ada di tangan Anda. Sesuaikan kebutuhan dan keperluan bisnis Anda.

Related posts

Membuat Financial Planning Perusahaan

Mimin Accurate

Mengenal Jenis-Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnis

Mimin Accurate

8 Konsep Dasar Akuntansi yang Perlu Dipahami

Mimin Accurate

Leave a Comment