Accurate Bandung
Bisnis

Langkah-Langkah Membuat Rencana Strategis untuk Bisnis

Membuat Rencana Strategis untuk Bisnis

Bisnis kecil, menengah, maupun perusahaan besar tidak pernah berpikir hal statis untuk menghasilkan kesuksesan. Pemimpin masa depan selalu berpikir untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Sebab perubahan bisnis terjadi secara dinamis. Melihat bagaimana mencari keunggulan kompetitor. Para pemimpin selalu membuat rencana strategis untuk mencapai tujuan dalam waktu yang tetap.

Sebelum bertindak lebih jauh, mereka sudah harus membuat rencana strategis yang kuat. Perencanaan harus disusun berdasarkan kekuatan maupun kelemahan dari bisnis yang dimiliki. Rencana kerja akan menjadi acuan dalam menyusun rencana jangka panjang bisnis.

Namun, masih banyak pelaku usaha yang belum mampu dan siap dalam membuat rencana strategis bagi bisnis mereka. Kali ini kita akan membahas bagaimana langkah membuat rencana strategis untuk bisnis.

Apa itu Rencana Strategis ?

Rencana strategis adalah agenda yang telah ditetapkan untuk menjabarkan tujuan bisnis dan serangkaian aktivitas yang akan dilakukan oleh bisnis. Banyak bisnis yang berjalan berdasarkan tujuan mereka. Sehingga rencana strategis menjadi bagian dalam mengartikulasikan kerangka kerja strategis untuk mencapai tujuan sebaliknya.

Baca Juga: Tips Membangun Komunikasi Internal Efektif antar Karyawan

Elemen Rencana Strategis

Ada empat kunci rencana strategis yang harus diketahui oleh setiap pelaku bisnis:

  • Pernyataan Tujuan: Mengartikan rencana strategis dengan lebih luas akan menjadi satu pernyataan yang berdasarkan pada misi perusahaan.
  • Analisis SWOT : SWOT pada perusahaan harus benar-benar digunakan untuk mempertimbangkan implementasi strategi organisasi. Beberapa dapat dikendalikan ecara internal, beberapa lainnya dikendalikan oleh eksternal.
  • Proses manajemen: Harus ada orang yang bertanggungjawab atas setiap isu-isu yang terjadi dalam perusahaan.
  • Peta mencapai tujuan: Ketika Anda ingin menyusun rencana strategis, tentu Anda harus memiliki peta yang komprehensif. Peta tersebut menjelaskan mengenai rencana bisnis secara terperinci.

Cara Membuat Rencana Strategis

Identifikasi Tujuan

Saat Anda ingin membuat rencana strategis, pastikan Anda sudah melakukan identifikasi terhadap tujuan dari bisnis Anda. Identifikasi ini mulai dari hal terkecil hingga melakukan identifikasi pada hal-hal besar.

Disini setiap pelaku bisnis akan melakukan identifikasi baik itu faktor internal ataupun eksternal. Seperti faktor kebutuhan konsumen. Sehingga menjadi tujuan perusahaan untuk bisa memenuhi kebutuhan konsumen.

Evaluasi Eksternal

Sebelum membuat rencana strategis untuk bisnis, Anda harus melakukan evaluasi internal. Caranya dengan melihat kondisi perusahaan yang ada. Seperti berapa banyak sumber daya manusia dan juga keuangan bisnis yang ada.

Pada tahapan ini, Anda harus melakukan analisis berdasarkan dengan analisis SWOT yang ada. Anda harus melakukan analisis dengan seksama dan sesuai dengan apa yang dimiliki. Jika memang harus melakukan perubahan, maka lakukanlah dengan cara terbaik.

Tentukan Orang Terbaik

Saat Anda sedang menyiapkan rencana strategis, selain strategi tertulis yang akan Anda lakukan. Anda juga harus menentukan orang-orang terbaik yang bisa membawa perusahaan dan bisnis Anda sesuai dengan rencana jangka pendek maupun jangka Panjang. Anda harus menentukan orang-orang terbaik yang dapat mengisi posisi tersebut.

Jangan Lupakan Riset

Merencanakan segala sesuatu harus dilakukan dengan berbagai riset terperinci mengenai tujuan yang akan Anda lakukan. Anda juga harus mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk mencapainya. Misal, jika Anda ingin meningkatkan basis produksi, kira-kira berapa banyak total biaya yang harus Anda keluarkan, apakah seluruh yang di produksi sudah dapat sesuai dengan kebutuhan pasar.

Membuat Kinerja Aksi

Jika kesemua hal diatas telah dilakukan. Kini saatnya membuat kinerja aksi yang sesuai. Anda perlu mengetahui tolak ukur kinerja perusahaan . Adapun rumusan yang dilakukan seperti apakah operasi yang dilakukan sudah sesuai dengan rencana, tugas dan tanggung jawab setiap divisi sudah sesuai dengan perencanaan atau belum.

Baca Juga: Langkah-Langkah Melakukan Rapat Secara Efektif

Tidak ada yang membuat rencana strategis sangat sempurna. Tetapi semua apa yang Anda lakukan haruslah sesuatu yang terbaik untuk bisnis Anda. Dengan orang-orang kuat dan professional, tentu Anda bisa membuat rencana strategis untuk bisnis secara tepat dan akurat.

Related posts

Bisnis Gagal Jangan Menyerah Cari Solusinya

ervan

Langkah-Langkah Membuat Rencana Bisnis

Mimin Accurate

Tips Membangun Komunikasi Internal Efektif antar Karyawan

Mimin Accurate

Leave a Comment