Accurate Bandung
Home » Kesalahan Arus Kas yang Sering Dilakukan Pebisnis
akuntansi

Kesalahan Arus Kas yang Sering Dilakukan Pebisnis

Menghindari kesalahan arus kas yang sering dilakukan

Mendirikan bisnis menjadi harapan semua orang. Berpikir memiliki ide yang bagus dan merasa menjawab kebutuhan pasar menjadi modal dasar semua orang ingin berbisnis. Belum lagi, harapan memiliki waktu yang fleksibel menjadi harapan seseorang dalam mendirikan bisnis. Namun dalam menjalankan bisnis, banyak pelaku bisnis terutama para pemula yang melakukan kesalahan arus kas mereka.

Jika Anda bertanya pada para pebisnis sukses, mungkin mereka tidak hanya menjawab harus bisa membuat produk yang disukai pasar. Tetapi juga mereka akan menyarankan bahwa Anda perlu memiliki arus kas yang sehat dan stabil menjadi faktor utama apakah bisnis Anda gagal atau berkembang.

Dengan begitu banyak hal yang perlu Anda perhatikan, terutama dalam hal keuangan bisnis, mengabaikannya akan membawa Anda pada jalur kegagalan. Sehingga, untuk membantu Anda menghindarinya, kami telah menyusun deretan kesalahan arus kas yang sering dilakukan pebisnis. Semoga Anda bisa meminimalisir.

Baca Juga: Langkah-Langkah Mencegah Kegagalan Start Up

Kesalahan Arus Kas Pelaku Bisnis yang Sering Terjadi

Mengabaikan Dokumen Bisnis

Saat Anda membangun bisnis, apa lagi mendirikan sebuah perusahaan dengan berbadan hukum tentu Anda sangat memerlukan berbagai dokumen bisnis. Ketika Anda tidak melengkapi kelengkapan dokumen, Anda bisa bermasalah dengan hukum dan ini akan menganggu arus kas bisnis Anda.

Untuk itu, saat Anda akan membangun bisnis Anda harus mengenali semua aspek berdasarkan dengan undang-undang dan kebijakan yang berlaku di wilayah setempat. Jangan sampai Anda mengabaikannya atau mencoba untuk menjalankan bisnis secara illegal. Hindari hal ini agar bisnis Anda mampu bertahan lama. Dan juga menghindari pengeluaran besar ketika Anda mengalami masalah hukum.

Tidak Merencanakan Keuangan

Menjalankan bisnis apa pun perlu dilakukan secara efektif dan juga menguntungkan maka sangat perlu menggunakan rencana dan benar-benar menaatinya. Salah satu hambatan dalam arus kas adalah tidak merencanakan keuangan dengan benar. Ketika Anda mampu memprediksi dan merencanakan arus kas adalah ciri pebisnis sukses dan berdedikasi.

Ketika ada klien terlambat membayar atau Anda mendapatkan beberapa tagihan dari supplier, tentunya Anda akan mengalami hal buruk. Pastikan Anda siap dan mengetahui tindakan yang Anda akan lakukan jika hal tersebut terjadi pada bisnis.

Meskipun mungkin Anda tidak mampu memprediksi apa yang akan terjadi, dengan adanya perencanaan akan membantu Anda mengenali hambatan apa saja yang mungkin terjadi pada arus kas Anda. Dengan perencanaan yang baik Anda akan mampu menyiapkannya sebelumnya semuanya terjadi.

Tidak Prioritaskan Pembukuan

Banyak bisnis baru gagal memahami pentingnya pembukuan dan mencatat setiap transaksi yang dilakukan. Sangat penting, setiap transaksi sangat perlu dicatat meskipun nominalnya sangat kecil. Anda tidak boleh mengabaikannya begitu saja demi keberlangsungan bisnis Anda.

Pembukuan adalah hal penting bagi setiap bisnis. Baik itu bisnis kecil, maupun bisnis besar. Disinilah pebisnis sangat perlu memahami akuntansi secara umum untuk bisnis. Jika Anda bingung bagaimana memulai pembukuan agar tidak ada kesalahan arus kas pada bisnis. Sehingga sangat perlu untuk memahami pembukuan. Pastikan untuk melakukan pembukuan setiap saat.

Tidak Memiliki Rencana Cadangan

Kesalahan arus kas yang sering dilakukan pebisnis
Source: Tal-com.com

Kondisi pasar selalu fluktuatif. Sehingga Anda tidak bisa mengetahui secara tepat mengenai kondisi di masa depan. Krisis mungkin saja terjadi dan menimpa seluruh bisnis. Seperti dua tahun belakangan yang membuat sektor ekonomi terkapar. Segalanya bisa salah kapan saja, tanpa Anda sadari.

Bersiaplah untuk kesempatan seperti itu. Anda perlu membuat rencana cadangan dengan berbagai strategi bijaksana dan aman dalam menyelamatkan Start Up dari setiap kegagalan. Sangat perlu Anda menyiapkan dana darurat yang bisa di manfaatkan ketika kondisi keuangan memang sudah tidak bisa menopang operasional.

Ada beberapa cara yang bisa Anda tangani dalam menghadapi cara tersebut. Pertama, Anda perlu menyisihkan dana darurat saat kondisi Anda sedang ramai. Jangan menghabiskan semuanya untuk saat itu saja, Anda perlu menyimpan dana ketika kondisi pasar sedang ramai. Meskipun mengumpulkan uang dengan cara seperti ini akan memakan waktu yang panjang, namun juga bebas risiko dan aman.

Pengeluaran Berlebihan

Cara paling sering yang dilakukan oleh banyak pengusaha membuat kesalahan pada arus kas bisnis melakukan pengeluaran berlebihan. Banyak pengusaha Start Up yang terperangkap dalam hal tersebut. Pastika Anda tidak sembrono dalam mengelola arus kas binsis.

Sering sekali para pebisnis menghabiskan uang dari yang mereka perlukan. Mungkin Anda tidak menyadari fakta bahwa diri Anda telah merugikan bisnis. Dan banyak pengusaha yang berpikir untuk menghabiskan uang Anda perlu mengeluarkan uang.

Apapun itu, ketika Anda melakukannya dengan displin dan penuh dengan perencanaan tidak akan merugikan. Tanpa itu, Anda tidak akan dapat melindungi arus kas untuk melindungi bisnis Anda. Sangat perlu Anda menjaga pengeluaran dengan baik. Membuat daftar semua pengeluaran. Anda bisa memprioritaskan pengeluaran dan memutuskan mana yang menjadi dasar untuk operasional bisnis Anda.

Baca Juga: Strategi Lead Generation untuk Menarik Konsumen di New Normal

Menjalankan bisnis kecil sangat memerlukan banyak usaha dan kekuatan mental. Anda pasti akan membuat kesalahan, meskipun sudah menghindarinya. Setiap kesalahan bisa Anda coba minimalissir dengan mengamati apa yang dilakukan oleh para pelaku bisnis lain yang telah berhasil melewati rintangan yang sama.

Nah, untuk menghindari kesalahan arus kas pada bisnis Anda perlu menyiapkan strategi keuangan yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan software akuntansi Accurate Online yang bisa membantu arus kas bisnis Anda menjadi lebih stabil dan mudah dalam perhitungan.

Dapatkan Accurate Online di Accurate Bandung. Untuk info lengkap bisa klik banner dibawah ini.

Related posts

10 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Mimin Accurate

8 Konsep Dasar Akuntansi yang Perlu Dipahami

Mimin Accurate

Mengenal Jenis-Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnis

Mimin Accurate

Leave a Comment