Accurate Bandung
Home » Cara Menjadi Pengusaha Muda Sukses
Bisnis

Cara Menjadi Pengusaha Muda Sukses

Menjadi pengusaha muda sukses

Menjadi “bos” untuk diri sendiri menjadi suatu tren bagi para lulusan universitas. Mereka tidak hanya sekedar berpikir untuk melamar pekerjaan, tetapi sudah banyak yang fokus menjalankan bisnis. Bahkan banyak anak muda zaman sekarang yang lebih senang memulai usaha setelah lulus dibandingkan menulis lamaran. Tak heran munculnya banyak usaha yang dipelopori para pemuda. Tetapi bagaimana menjadi pengusaha muda sukses?

Impian membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain menjadi bagian dari motivasi kesuksesan para generasi Millenial memulai usaha. Mereka sudah tidak malu lagi untuk menawarkan produk atau jasa yang mereka bangun. Tentu ini menjadi salah satu hal positif yang perlu dijaga oleh banyak orang.

Motivasi terbesar para pengusaha muda lebih memilih menjadi pengusaha adalah memiliki penghasilan sendiri dengan cara inovatif. Karena banyak anak muda yang juga berpikir menjadi pengusaha akan lebih mudah memiliki kebebasan waktu dan juga finansial. Harapan bagi para anak muda.

Tidak salah jika para calon pelaku usaha berpikir seperti itu. Namun, sebelum jauh membahas hal tersebut, ada baiknya para pemuda bisa melihat dari sisi proses yang akan mereka lakukan. Di sisi proses ini banyak calon pengusaha yang gagal. Sehingga sangat perlu para calon pengusaha muda ini memahami sisi proses dengan baik untuk menghasilkan masa depan yang cerah untuk diri Anda dan bisnis.

Kesalahan Pebisnis Muda

Pebisnis muda memang tumbuh cukup banyak. Tetapi sebagian besar dari mereka pun tidak memiliki pengalaman yang mumpuni dalam berbisnis. Ada yang karena memang belum pernah terjun ke dunia bisnis, ingin ikut-ikutan tren, dan karena memiliki modal.

Sebagai pebisnis muda, ada banyak kesalahan lain yang sering ditemukan pada pebisnis muda. Kami harap, Anda bisa menghindari kesalahan-kesalahan ini agar bisa membawa bisnis lebih sukses dan berkembang.

Idealis

Jiwa muda terkadang membawa para pebisnis muda pemikirannya dalam bisnis. Mereka menjalankan bisnis dengan cukup idealis dan juga merasa bahwa bisnis yang dijalankan akan sangat diterima oleh pasar. Padahal bisnis sangatlah fleksibel dengan mengikuti tren pasar yang ada.

Pemikiran idealis ini muncul dari para pebisnis muda yang ingin tetap mempertahankan gambaran ideal tanpa analisa pasar. Padahal produk yang diciptakan tidak sesuai untuk kondisi saat ini.

Mudah Menyerah

Cara menjadi pengusaha muda sukses jangan mudah menyerah
Source: Theladders.com

Menjadi pengusaha muda sukses memang tidak mudah. Banyak anak muda yang ingin hasil instan. Hingga membuat mereka mudah menyerah. Terlebih saat bisnis yang dijalankan tidak juga mendapatkan pelanggan atau tidak mendapatkan keuntungan sesuai dengan ekspektasi yang mumpuni.

Kesalahaan ini sering sekali kita temukan pada bisnis-bisnis yang dikelola oleh para pelaku bisnis dimanapun. Anda harus berhati-hati dengan hal ini.

Malas Berinovasi

Ketika produk atau jasa yang ditawarkan cukup laris, banyak pengusaha muda yang enggan untuk berinovasi produk lain ketika salah jenis produk atau jasa yang ditawarkan menjadi best seller. Disinilah kesalahan yang membuat banyak pengusaha muda gagal dalam menjalankan bisnis mereka. Mereka perlu untuk berinovasi dengan baik.

Inovasi menjadi kunci kesuksesan bisnis. Para pelaku bisnis perlu untuk berinovasi, jangan sampai ditinggal konsumen baru berinovasi. Tetapi sebelum itu terjadi, Anda perlu untuk berinovasi lebih dahulu untuk menciptakan pasar baru dan inovasi.

Malas Mencatat Keuangan

Salah satu kegagalan yang terjadi pada pebisnis muda, karena mereka jarang melakukan pencatatan keuangan dalam bisnis. Hanya melihat bahwa uang bisnis yang diterima cukup besar, membuat pelaku bisnis merasa hasil bisnis sudah cukup baik.

Keenganan mencatat keuangan, sering menjadi penyebab bisnis menjadi gagal dan tidak berkembang. Terkadang juga membuat pebisnis muda mencapuradukan antara uang bisnis dan uang pribadi menjadi satu. Sehingga sulit memisahkannya dan menjadi penyebab terjadinya kegagalan bisnis.

Dalam hal pencatatan, saat ini sudah banyak cara yang mudah. Seperti dengan menggunakan aplikasi pencatatan keuangan bisnis, Accurate Online. Accurate Online adalah software bisnis berbasis cloud yang cocok untuk segala jenis bisnis. Anda bisa menggunakannya untuk setiap proses pencatatan hingga penyusunan laporan keuangan.

Cara Menjadi Pengusaha Muda Sukses

Setelah mengetahui kesalahan yang sering terjadi pada pengusaha muda, Anda perlu mengetahui cara menjadi pengusaha muda sukses yang bisa membawa Anda berhasil dalam mengembangkan bisnis Anda ke depannya. Accurate Bandung akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Ketekunan

Ketekunan adalah kunci utama Anda untuk berhasil dan sukses dalam berbisnis. Mencapai ketekunan tidak mudah. Sebagai pengusaha muda sering kali Anda harus melawan harus yang tidak ada hentinya. Menangkis omongan dari orang-orang terdekat, terlebih jika ada orang-orang yang mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan ekpektasi Anda.

Sukses di dunia yang sangat kompetitif membuat Anda perlu untuk tidak takut dan tidak mudah menyerah. Hal itu akan menjadi kunci kesuksesan Anda sebagai pengusah muda.

Fokus

Salah satu tantangan terbesar menjadi pengusaha muda adalah fokus. Terutama bagi para pengusaha muda yang sangat kapitalis. Biasanya mereka akan mudah terpengaruh dengan tren bisnis yang sedang berkembang-alih-alih mengalihkan fokus bisnis pada banyak hal, alih-alih fokus pada satu bisnis terlebih dahulu.

Saat memulai sering para pengusaha ingin memiliki banyak produk atau jasa sekaligus. Cara itu dianggap untuk menemukan peluang yang terbaik untuk menemukan produk seperti apa yang sangat disukai pasar.

Namun, alih-alih Anda menciptakan seluruh produk sekaligus. Sebaiknya Anda melakukan riset pasar yang luas. Menemukan jenis produk yang benar-benar disukai pasar. Anda bisa memperhatikan apa yang dilakukan oleh kompetitor. Kesuksesan menuntut Anda fokus pada hal-hal yang dapat dihitung dan dibutuhkan oleh pelanggan Anda.

Ingatlah, Bisnis Masih Kecil

Sering sekali para pengusaha muda sangat ambisius, ketika mendapatkan dana besar membuat Anda semakin berubah dan seolah-olah Anda pengusaha yang besar dan bisnis Anda sudah stabil. Suasana kantor Anda ubah dengan lebih modern, membeli perlengkapan kantor yang modern, dan juga agar kantor terlihat lebih besar.

Ingat, Anda bukan pengusaha besar. Tetapi Anda masih menjadi pengusaha yang sedang merintis bisnis dari nol. Pastikan ketika Anda dapat kucuran dana besar dari investor, Anda bisa menggunakan untuk segala hal yang berkaitan dengan bisnis. Seperti melakukan riset, mengembangkan produk, dan ekpansi pasar agar lebih luas.

Anda perlu berhati-hati dalam mengelola arus kas untuk menjadi pengusaha muda sukses. Banyak pengusaha muda yang sering abai terhadap finansial perusahaan, membuat mereka merasa perlu menghabiskan uang sejak dini.

Cari Mentor

Temukan mentor
Source: Themuse.com

Siapapun Anda, apapun jenis bisnis Anda, Anda perlu seorang mentor yang bisa membantu Anda mengembangkan bisnis lebih besar. Anda bisa mencari mentor yang tepat dengan mengikuti berbagai seminar bisnis yang dilakukan oleh mentor bisnis yang mungkin saja dia bisa menjadi mentor Anda di masa depan.

Selain dari training Anda bisa mencoba mencari mentor melalui sosial media seperti Linkedin. Seorang mentor haruslah orang yang memiliki pengalaman luas, jaringan luas, pengetahuan luas, dan memiliki daya pikir yang tajam terhadap bisnis. Dari mentor itu lah Anda bisa menemukan banyak peluang dan berbagai pelajaran bisnis.

Cara diawal, Anda bisa mencoba menghubungi para pakar melalui email atau melakukan Direct Message (DM) kepada mereka. Sebagian pemimpin akan bersedia dalam membimbing pengusaha muda untuk membawa mereka lebih sukses di dunia bisnis. Anda bisa mencari para pakar yang tepat untuk membimbing Anda.

Masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi pengusaha muda sukses. Temukan cara yang tepat untuk bisnis Anda. Pastikan Anda bisa menemukan jalan yang tepat untuk membimbing Anda menuju kesuksesan. Jika ada tips sukses berbisnis lainnya, bisa diskusi di Sosial Media Accurate Bandung.

Related posts

Langkah-Langkah Membuat Rencana Bisnis

Mimin Accurate

Membuat Iklan ? Tentukan Target Market Yang Tepat

ervan

Peran Akuntansi Dalam UMKM

ervan

Leave a Comment