Accurate Bandung
Home » 7 Cara Sederhana Menciptakan Pengalaman Pelanggan
Bisnis

7 Cara Sederhana Menciptakan Pengalaman Pelanggan

Menciptakan pengalaman pelanggan dengan tepat

Pengalaman pelanggan akan menjadi prioritas bagi para pengusaha di masa depan. Alasan sederhana, perusahaan yang memperhatikan pengalaman pelanggan atau customer experience akan mendapatkan keuntungan besar. Masih banyak perusahaan yang tidak tahu bagaimana menciptakan pengalaman pelanggan.

Ketika bisnis Anda ingin memenangi persaingan, pastikan Anda sudah bisa memberikan pengalaman pelanggan yang baik kepada seluruh pelanggan. Ada banyak upaya yang perlu dilakukan para pebisnis untuk bisa menghasilkan pengalaman pelanggan yang tepat.

Baca Juga: 5 Tips Memulai Perusahaan Sukses Di Bidang Apapun

Kita tahu, banyak pelanggan yang rela merogoh kantong lebih dalam untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda dalam menikmati sebuah produk atau layanan.

Apa itu Pengalaman Pelanggan?

Sebelum lebih jauh memabahas cara menciptakan pengalaman pelanggan, Anda perlu mengetahui apa itu pengalaman pelanggan.

Pengalaman pelanggan adalah interaksi yang dilakukan oleh pelanggan Anda terhadap brand atau bisnis Anda. Interaksi terjadi karena dipengaruhi oleh emosi pelanggan terhadap produk yang Anda miliki.

Mengapa pengalaman pelanggan penting? Sebab, pelanggan yang memiliki pengalaman positif terhadap brand akan menjadi pelanggan tetap dan setia kepada bisnis dan brand Anda.

Bahkan pelanggan akan melakukan advokasi kepada rekan-rekan mereka mengenai brand yang telah mereka gunakan. Sehingga sudah sewajarnya para pengusaha melakukan investasi untuk menciptakan pengalaman.

Cara Menciptakan Pengalaman Pelanggan

Memahami Calon Pelanggan

Anda perlu memahami pelanggan Anda. Siapa mereka? Motivasi mereka? Pekerjaan mereka? Kondisi ekonomi mereka. Anda harus mengetahui detail pelanggan Anda. Dari sini Anda akan membangun persona pelanggan yang akan menjadi konsep strategi tepat untuk pelanggan.

Anda juga harus mengetahui kebutuhan seperti apa yang mereka butuhkan. Setelah Anda memiliki informasi yang cukup dari riset pasar yang telah Anda lakukan, Anda bisa membangun persona pembeli.

Analisis Tujuan

Apa tujuan utama dari Anda membangun pengalaman pelanggan? Apa yang Anda harapkan dari aktivitas marketing yang ingin Anda lakukan? Bagaimana Anda bisa memberikan pengalaman sesuai dengan keinginan pelanggan agar lebih mudah diatasi.

Tanyakan pada diri Anda dan brainstorming dengan tim. Strategi pengalaman pelanggan seperti apa yang ingin Anda dapatkan dalam jangka Panjang. Kemudian tanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut kepada diri Anda sendiri.

Menciptakan Hubungan Pelanggan

Pengalaman pelanggan yang harus dicapai oleh brand adalah hubungan emosional dengan pelanggan. Pelanggan akan menjadi loyal ketika mereka terikat secara emosional dan mereka akan mengingat bagaimana perasaan mereka ketika menggunakan produk atau layanan yang Anda miliki.

Bisnis yang mampu mengoptimalkan hubungan emosional akan mengungguli pesaing sebesar 85% dalam total penjualan. Penelitian yang dilakukan oleh Harvard Bussiness Review, pelanggan yang terlibat secara emosional akan :

  • Merekomendasikan produk atau layanan Anda
  • Tiga kali lebih mungkin membeli kembali
  • Jauh lebih sensitive terhadap harga

Memperhatikan Feedback

Saat Anda menciptakan pengalaman pelanggan, Anda perlu untuk mencari tahu apakah strategi yang Anda jalankan sudah sesuai dengan harapan pelanggan? Atau hanya sesuai dengan keinginan Anda saja dan pelanggan tidak menyukainya?

Untuk mengetahui hal tersebut, Anda bisa melakukan riset-riset kecil-kecilan yang bisa Anda bagikan kepada pelanggan untuk mengetahui respon mereka. Caranya:

  • Hubungi pelanggan melalui telepon atau email untuk mencari tahu ekspektasi mereka
  • Coba perhatikan keluhan, kritikan, dan saran dari pelanggan di media sosial

Perhatikan Kompetitor

Anda juga bisa mencoba melihat strategi apa yang dilakukan oleh kompetitor dalam menciptakan pengalaman pelanggan. Apa yang mereka lakukan untuk melayani target pasar Anda. Apa yang sedang mereka lakukan. Terkadang, Anda harus mengikuti apa yang dilakukan kompetitor agar Anda tidak tertinggal.

Memberikan Pelayanan Cepat

Bagaimana Menciptakan pengalaman pelanggan
Source: Digitalagencynetwork.com

Pelanggan zaman sekarang ingin semua serba cepat. Pastikan pelanggan Anda betah berlama-lama dalam melakukan transaksi. Anda perlu memberikan layanan yang cepat kepada seluruh pelanggan. Jika mereka membeli barang secara online, segeralah kirimkan barang tersebut. Apabila pelanggan bertanya, Anda harus memberikan jawaban dengan cepat. Jangan membuat pelanggan kecewa dengan tanggapan dan layanan yang slow respon.

Optimalkan Strategi

Setelah semua strategi Anda lakukan, sekarang saatnya untuk mengoptimalkan strategi pengalaman pelanggan. Pastikan Anda mendapatkan hasil, tolak ukur, dan data statistik atas hasil yang telah Anda lakukan. Pengalaman pelanggan adalah proses berkelanjutan.

Baca Juga: 6 Soft Skill untuk Pebisnis di Era Digital

Jika masih ada yang kurang, maka optimalkan dan ulangi lagi. Meskipun Anda ulangi, Anda perlu mengevaluasi bagian mana yang masih kurang terukur. Lakukan lagi dengan sedikit evaluasi. Ketika Anda berhasil melakukan pengalaman pelanggan, Anda akan mendapatkan pelanggan setia.

Related posts

Langkah-Langkah Membuat Rencana Strategis untuk Bisnis

Mimin Accurate

Langkah-Langkah Proses Pemetaan Bisnis untuk Meningkatkan Profibilitas

Mimin Accurate

Langkah-Langkah Paling Penting dalam Memulai Bisnis

Mimin Accurate

Leave a Comment