Accurate Bandung
Home » 5 Cara Membuat Hidup Seimbang
Life Style

5 Cara Membuat Hidup Seimbang

Membangun hidup seimbang antara pekerjaan dan privasi

Keseimbangan dalam hidup adalah hal penting. Banyak orang yang tidak sadar bahwa hidup mereka tidak seimbang. Semua orang tahu, kehidupan selalu membahas hal-hal tentang pekerjaan, rumah, uang, dan Kesehatan. Kita tahu, kita semua ingin berhasil dalam keempat hal tersebut, tetapi tidak ada semua orang bisa melakukannya. Cara membuat hidup seimbang menjadi hal yang sulit untuk dilakukan.

Saat weekend tiba, terkadang Anda masih fokus dengan pekerjaan yang menunggu. Waktu liburan keluar kota, Anda masih harus membawa laptop maupun membuka email. Masih banyak orang yang sulit dalam membangun keseimbangan hidup. Termasuk diri Anda.

Mengejar pekerjaan, rumah, uang, dan Kesehatan menjadi sebuah tekanan bagi Sebagian orang. Lebih banyak orang yang hanya fokus pada beberapa poin saja dengan mengabaikan poin yang lain. Tidak ada keseimbangan yang tepat yang mampu dilakukan.

Accurate Bandung akan membantu Anda untuk mendapatkan keseimbangan hidup yang tepat. Menata kehidupan ini akan membuat diri Anda lebih mudah dalam melakukannya.

Baca Juga: 5 Tips Memulai Perusahaan Sukses Di Bidang Apapun

Mencari Tahu Arti Keseimbangan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan dalam membuat hidup seimbang, mencari definisi mengenai keseimbangan itu sendiri. Banyak orang yang belum memahami keseimbangan dan mereka selalu melupakannya. Seakan-akan mereka mengetahui arti dan cara untuk menjalankannya.

Menemukan keseimbangan adalah tentang menemukan tepat dimana Anda dapat merasa damai, Bahagia, dan tenang. Agar mampu mendapatkan keseimbangan, Anda perlu tahu bagaimana menjalani kehidupan yang seimbang dalam hidup Anda.

Sebab, menurut Gustavo Razzeti CEO Fearless Culture perusahaan konsultan SDM dalam artikel berjudul How to Lead a Well Balanced Life, menyatakan “Keseimbangan bukanlah sesuatu yang dapat diperoleh. Tetapi itu sebuah keadaan pikiran. Mengenai kesadaran bahwa hidup tidak stabil tetapi terus bergerak.

Lalu bagaimana agar hidup menjadi seimbang? Anda bisa mencoba mencatat kegiatan harian Anda yang bisa dilakukan dalam setiap hari. Membuat catatan penting untuk memilih prioritas utama dalam hidup akan membuat Anda merasa lebih enjoy dan tenang.

Tentu aktivitas yang Anda lakukan, haruslah aktivitas yang bisa membantu Anda dalam menciptakan pola pikir positif yang akan membantu perubahan lebih besar dalam hidup Anda.

Coba Berhenti Menjadi Multitasking dan Belajar Memprioritaskan

Sering sekali, hidup tidak seimbang dikarenakan Anda tidak memprioritaskan satu kegiatan. Melainkan fokus pada banyak hal. Padahal ini bisa menganggu keseimbangan Anda. Tidak mungkin di setiap waktu Anda akan selalu menjadi orang yang multitasking. Cobalah untuk mempertimbangkan hal yang menjadi prioritas. Aktivitas ini menjadi aktivitas yang paling Anda nikmati.

Jika Anda menjalankan bisnis, pastikan setiap pekerjaan tidak semua Anda yang melakukannya. Anda bisa mendelegasihkan kepada staff yang lain untuk memudahkan Anda dalam mengerjakan tugas yang lebih penting. Anda bisa fokus untuk mencari project-project baru yang mungkin lebih menantang dari sebelumnya.

Ketika proyek yang dilakukan oleh tim cukup banyak dalam satu waktu. Anda sebaiknya membagi proyek dalam beberapa tim. Dan Anda tidak perlu memaksa untuk melakukan semua proyek sendirian. Sebab, Anda sudah memiliki tim yang bisa menangani proyek tersebut.

Jikalau Anda ingin terlibat, pastikan Anda memilih proyek yang memang benar-benar Anda sukai. Sehingga bisa melatih kepemimpinan Anda dan juga bisa meningkatkan kapabilitas dalam diri Anda. Pastikan proyek yang Anda pilih menjadi prioritas utama dari diri Anda.

Temukan Cara Bekerja dengan Fleksibilitas

Seiring perkembangan zaman, banyak para pengusaha yang selalu ingin mendapatkan fleksibilitas dalam bekerja. Memang ini tidak salah, Anda bisa melakukan beberapa pekerjaan secara fleksibel untuk mendapatkan keseimbangan.

Cara membuat hidup seimbang, bukan melulu harus datang ke kantor pagi-pagi dan pulang larut malam. Anda bisa mencoba berekreasi sejenak. Misal, Anda masuk lebih siang atau pulang lebih cepat. Asalkan semua tanggung jawab yang Anda lakukan sudah selesai. Saat jam makan siang Anda bisa mencari suasana baru.

Anda juga bisa mencoba untuk melakukan pekerjaan dari rumah. Mungkin saat pekerjaan Anda sedang santai, Anda bisa melakukan bekerja dari rumah. Seperti tren yang belakangan ini dilakukan.

Mungkin saja selama ini hari kerja yang Anda lakukan terlihat sangat kaku. Hari-hari yang Anda lakukan hanya rapat, rapat, dan rapat. Pastikan jika memang tidak ada yang sangat penting, jangan membuat hari-hari yang Anda lakukan hanya penuh dengan rapat.

Saat di kantor, Anda juga bisa mencoba untuk berkeliling untuk melihat para karyawan bekerja, sambil mengobrol dengan mereka. Anda juga bisa mencoba dengan minum secangkir kopi dan mengambil nafas. Kontrol kalender kerja Anda, jangan sampai kalender yang mengontrol Anda.

Jangan Bawa Pekerjaan Ke Rumah Begitupun Sebaliknya

Cara Membuat hidup seimbang
Source: Womenlead.magdalene.co

Pekerjaan adalah sesuatu yang harus Anda selesaikan di kantor. Ketika Anda sedang berlatih mencari cara membuat hidup seimbang, maka jangan pernah membawa pekerjaan ke dalam rumah. Begitupun sebaliknya, jangan pernah membawa urusan rumah ke kantor.

Jika Anda tidak mampu menarik garis kapan harus memulai dan menyelesaikan pekerjaan mungkin itu akan menjadi masalah untuk Anda. Sering sekali, ketika seseorang membawa urusan pekerjaan ke rumah, hal itu akan membuat Anda semakin frustasi dan juga emosional.

Untuk itu, ketika Anda ingin membuat hidup seimbang pastikan Anda mampu untuk memisahkan dan menempatkan sesuatu pada tempatnya dengan bijak. Disini Anda akan mampu menjadi diri Anda sesungguhnya.

Atur Penggunaan Ponsel

Masyarakat modern memang tidak bisa meninggalkan ponsel. Meskipun saat mereka menggunakan ponsel, saat itu tidak ada yang sedang menghubunginya. Ponsel digunakan untuk berselancar di media sosial. Memerhatikan postingan kawan-kawan.

Mungkin satu dua kali hal itu tidak dipermasalahkan. Namun, ketika Anda tiba di rumah dan pada saat itu adalah waktu Anda berkumpul dengan keluarka. Maka hindarilah penggunaannya. Disini Anda akan mampu menyeimbangkan hidup. Tidak perlu disibukan pada hal-hal yang sekedar menghabiskan waktu.

Baca Juga: 5 Dampak Positif Kreativitas yang Jarang Disadari

Saat Anda merasa hidup tidak seimbang, Anda sedang tidak menerapkan disiplin dalam diri. Disiplin menjadi kunci untuk mendapatkan keseimbangan hidup. Memisahkan antara pekerjaan dan urusan pribadi bukan sesuatu yang mudah. Terkadang itu menyulitkan. Akibat dari ketidakdisiplinan akan membuat Anda kewalahan dengan berbagai aktivitas. Semoga kelima cara membuat hidup seimbang diatas akan membantu Anda menemukan keseimbangan hidup yang sesungguhnya.

Related posts

5 Dampak Positif Kreativitas yang Jarang Disadari

Mimin Accurate

Tidak Siap Dengan Perubahan

ervan

5 Kunci Membangun Rasa Percaya Diri

Mimin Accurate

Leave a Comment