Accurate Bandung
akuntansi

10 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Akuntansi menurut para ahli

Membicarakan bisnis, tentunya tidak bisa terlepas dari akuntansi. Akuntansi dan bisnis seperti perangko dengan amplop, keduanya akan sulit lepas. Sebenarnya, apa pengertian akuntansi menurut para ahli dari dalam maupun luar negeri. Sehingga sebagai pengusaha akan lebih mudah untuk mengerti dan memahaminya.

Seorang pengusaha sangat membutuhkan akuntansi. Akuntansi sering menjadi alat untuk mengambil keputusan. Sebab, akuntansi dianggap sebagai Bahasa bisnis. Semakin Anda mahir memahami Bahasa tersebut, pastinya akan semakin baik dalam menangani berbagai aspek akuntansi pada bisnis.

Agar kita lebih memahami apa itu akuntansi, sebaiknya kita membaca pengertian akuntansi menurut para ahli. Sehingga lebih mudah dalam memahami akuntansi secara lebih luas.

Akuntansi Menurut Para Ahli

Menurut AAA

Pemahaman pertama mengenai akuntansi mengutip dari buku akuntansi untuk LSM dan Partai Politik (2007:72), American Accounting Association (AAA) memberikan definisi mengenai akuntansi:

“Akuntansi adalah pengidentifikasian, pengukuran, pencatatan, dan pelaporan transaksi ekonomi (keuangan) dari suatu organisasi, yang dijadikan sebagai alat untuk mengambil keputusan ekonomi oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Pengertian melingkupi penganalisian atas laporan yang dihasilkan akuntansi tersebut.”

Iman Supriadi

Dalam buku Metode Riset Akuntansi (2020:17), pengertian akuntansi adalah disiplin pengetahuan dasar yang bisa diaplikasikan dalam aktivitas pekerjaan seseorang atau korporasi. Aktivitas tersebut membutuhkan kejelasan terkait informasi keuangan.

Bastian dan Suharjono

Pada Buku Akuntansi Perbankan (2006) dijelaskan bahwa akuntansi adalah seni mencatat, menggolongkan, dan mengikhtisarikan transaksi. Serta peristiwa yang sifatnya keuangan dengan suatu cara yang bermakna dengan satuan uang dan menginvestasikan hasilnya.

Muhammad Gade

Pada buku Teori Akuntansi yang ditulis oleh Muhammad Gade (2005:5), menyatakan bahwa akuntansi adalah pengetahuan mengenai tata buku, pembuatan berbagai Teknik pencatatan (sistem akuntansi), laporan keuangan (interpretasi atau penyajian), pelaporan fakta-fakta usaha, dan kegiatan pengawasan jalannya organisasi segi keuangan maupun kuantitas.

Charles Thomas Horngen dan Walter T Harisson

Membahas mengenai akuntansi tentunya membicarakan mengenai suatu sistem informasi yang digunakan dalam mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pemangku kepentingan.

Financial Accounting Standard Board (FASB)

Akuntansi dinyatakan sebagai suatu kegiatan jasa yang berfungsi dalam menyediakan informasi secara kuantitatif yang selanjutnya akan mempengaruhi pengambilan keputusan ekonomi.

S Munawir

Pada buku Analisis Laporan Keuangan (2005) S. Munawir menyatakan akuntansi adalah sebuah seni pencatatan, penggolongan, peringkasan pada peristiwa-peristiwa serta kejadian-kejadian dan setidak-tidaknya Sebagian yang sifatnya keuangan dengan cara secepat mungkin dan petunjuk dinyatakan dengan uang, serta penafsiran kepada hal-hal yang timbul dari padanya.

Soemarso

Menurut Soemarso dalam Buku Akuntansi Suatu Pengantar (2004) menyatakan akuntansi sebagai proses dalam pengidentifikasikan, mengukur, melaporkan informasi ekonomi yang memungkinkan adanya penilaian serta keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang ingin memakai informasi tersebut.

Paul Grady

Buku Inventory of generally accepted accounting principles for business enterprises (1965), meskipun buku tersebut sudah cukup lama, tetapi masih menjadi acuan bagi peminat akuntansi.

Paul Grady menyebutkan bahwa akuntansi bagian tubuh dari ilmu pengetahuan serta fungsi organisasi secara sistematis, autentik, dan original dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, menulis ikhtisar, menganalisa, dan juga interpretasi semua transaksi dan kejadian serta karakter keuangan yang terjadi dalam operasional entitas akuntansi. Dengan tujuan untuk menyediakan informasi yang berarti dibutuhkan manajemen sebagai laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterima.

Littleton

Pengertian akuntansi menurut para ahli salah satunya adalah Littleton menyatakan bahwa akuntansi adalah suatu perhitungan komparasi antara biaya-biaya yang terjadi dalam suatu usaha dengan pencapaian hasil dari prestasi usaha tersebut.

Dia juga menyatakan bahwa konsep akuntansi ada tujuh, diantaranya: entitas bisnis, kontinuitas usaha, penghargaan sepakatan, biaya tambahan, upaya dan hasil, bukti terverifikasi dan objektif, serta asumsi.

Masih banyak pengertian akuntansi menurut para ahli yang harus kita pahami. Dari kesepuluh ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai akuntansi, ada beberapa persamaan dan memang menjadi proses dari akuntansi yang berjalan, diantaranya:

  • Mencatat : Proses yang cukup penting dalam akuntansi dan masuk dalam tahapan awal akuntansi.
  • Meringkas : Akuntansi harus meringkas setiap data menjadi lengkap dan detail.
  • Melaporkan : Akuntansi sebagai bukti laporan kepada manajemen, dan investor mengenai kinerja perusahaan.
  • Menganalisa : Setiap laporan akuntansi harus dianalisa lebih lanjut untuk mengetahui poin positif dan negatif dari hasil laporan keuangan akuntansi.

Pengertian akuntansi menurut para ahli memudahkan semua orang yang sedang belajar atau memahami akuntansi. Sehingga akan lebih mudah dalam mengenal akuntansi dan juga proses akuntansi itu sendiri. Jika Anda merasa bahwa akuntansi adalah sesuatu yang rumit, Anda bisa melakukan setiap proses akuntansi melalui software Accurate Online by Accurate Bandung.

Software Accurate Online by Accurate Bandung Anda bisa mengelola dan melakukan proses akuntansi menjadi lebih mudah, efisien, efektif, dan akurat. Penasaran bagaimana Accurate Online membantu Anda? Coba nikmati pengalaman menggunakan software Accurate Online selama 30 hari.

Related posts

Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Kecil

Mimin Accurate

Pengertian Rasio Keuangan dan Jenis-Jenisnya

Mimin Accurate

Mengenal Jenis-Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnis

Mimin Accurate

Leave a Comment